Jumat, 20 Maret 2015

🌴🌴🌴🌴🌴
MUHASABAH CINTA

Hr.Tgl. : Jum'at 30 Januari  2015
               10 Rabi'al Thani  1436 H
No.       : 007/MC/Kom/01/2015
Tujuan : Semua KUTUBer
<><><><><><><><><><><><><><><><><>
💌Muhasabah CINTA (Cerita dan Inspirasi Tahajjud) bersama Uti Konsen.U.M.

📃JUDUL : TAHAJJUD MENYEHATKAN
<><><><><><><><><><><><><><><><><>

📩Bismillaahirrahmaanirrahiim.....

“Dan pada sebagian malam bacalah olehmu tasbih juga pada pertengahan siang agar engkau ridha.” (Thaha : 130).

Menurut penelitian pakar ilmu jiwa, shalat tahajjud yang dilakukan pada penghujung malam yang sunyi, ikhlas dan kontinyu, bisa membebaskan seseorang dari berbagai penyakit ( Buku Dicintai Allah dengan Tahajjud oleh Idrus Hasan ).

“Shalat Tahajjud merupakan anugerah yang berharga. Selain menyenangkan Allah, ia juga dapat membebaskan kita dari bencana dan menyebabkan ketenangan dan kedamaian pada pikiran “(Buku Anugerah dan Kebahagiaan Shalat Tahajjud oleh Muh.Imran).

Bilal bin Salman meriwayatkan, bahwa Rasulullah saw bersabda “Shalat tahajjud pengekang iri hati dan obat penyakit tubuh“. Hal ini logis dan manarik karena bangun lebih awal memungkinkan seseorang buang hajat besar dan kecil yang jika tidak dikeluarkan bisa menimbulkan gas kotor dalam perut dan menekan ginjal sehingga mengakibatkan sakit kepala, jantung, ginjal dan sebagainya. Selanjutnya menghirup udara segar di pagi hari yang banyak mengandung oksigen dapat meningkatkan kesehatan, tenaga dan kebugaran seseorang.

Imam Ali Ra berkata, “Tahajjud adalah sarana menyehatkan badan, mendatangkan keridhaan Allah, membawa rahmat dan berpegang teguh dengan akhlak para Nabi. Sesungguhnya kami ahlul bayit, diperintahkan oleh Allah untuk memberi makan orang miskin, bersikap bijak ketika susah, dan mendirikan shalat kertika manusia tengah tidur. Bangunkan hatimu dengan tafakur, jauhkanlah tubuhmu dari tidur ketika malam,dan bertakwalah kepada Allah.”

Dulu, Dr. H. Encep Hajar ketika bertugas di RS Fatmawati Jakarta Selatan pernah membuktikan “Keajaiban“ ketika beberapa pasien sakit tekanan darah tinggi dan darah rendah diperiksa pada waktu mengadakan zikir di tengah malam, ternyata tekanan darahnya jadi normal.

Khalid bin Walid ra yang digelari “Singa Padang Pasir “. Karena sangat cekatan dan terampil di medan perang, satu saat menderita sakit saraf (neurosa). Nabi saw memberikan resep “ Lakukan tahajjud dan baca Al Quran, serta berdoa “. Hasilnya teramat mujarab. Dengan izin Allah, sakitnya sembuh.

Imam Al Ghazali ketika menjabat penasehat Perdana Menteri dan Rektor Universitas Nizamiah, pernah menderita sakit yang tidak berhasil disembuhkan oleh Tim Dokter (Tabib pada waktu itu). Akhirnya mereka memberikan advis “Yang bisa menyembuhkan penyakitnya, beliau sendiri“. Lalu apa yang dilakukan oleh pengarang kitab Ihya Ulumuddin itu ?. Berhenti dari jabatannya, dan menekuni saleh ritual, bertapa di menara masjid, sambil menulis kitab. Dengan izin Allah sakitnya sembuh. Subhanallah.

Ibnul Al Qayyim menjelaskan “Tidak diragukan lagi bahwa dalam ibadah shalat terkandung cara menjaga kesehatan tubuh. Shalat mengandung komposisi gerak yang terbaik buat dirinya disamping hal-hal yang berguna untuk menjaga kesehatan iman dan meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Demikian juga dengan shalat malam. Shalat malam merupakan sarana terbaik menjaga kesehatan, dan cara terbaik untuk menolak berbagai penyakit menahun selain juga sebagai cara meningkatkan semangat jiwa dan raga serta hati seseorang. Seperti disebutkan dalam shohil Bukhari dan Muslim.”

Wallahu’alam.

🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴

Tidak ada komentar:

Posting Komentar